PPDB Selama Pandemi di SMK Negeri 4 Banjarbaru

Pandemi sedikit banyaknya telah mengubah sistem Pendidikan. Banyak kebijakan yang di ubah oleh pemerintah selama pandemi ini berlangsung. Mulai dari Kurikulum Darurat, Sistem Pembelajaran, Metode Pembelajaran, bahkan sistem PPDB. Perubahan-perubahan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 lebih luas lagi. Meskipun begitu, diharapkan PPDB dapat dilaksanakan dengan lancar, sehingga Pendidikan tetap berlangung dan Pandemi dapat segera di atasi.

SMK Negeri 4 Banjarbaru yang berada Jalan Kong Ex, Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Masa Pandemi berlangsung sejak tahun pelajaran 2020/2021 sampai saat ini. 

PPDB dimasa pandemi dilakukan berdasarkan himbauan dari pemerintah mengenai perlunya menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Karena itu sistem pendaftarannya pun berbeda dari mulai Pendaftaran, Seleksi sampai pengumuman. PPDB dilakukan secara luring namun dibatasi dan dibagi kedalam beberapa sesi, dimana satu sesi terdiri dari 15 orang tua dan 4 guru.

PPDB dilakukan dari tanggal 28 Juni 2021 hingga tanggal 30 Juni 2021, dan pembelajaran akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021 dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Pembelajaran jarak jauh memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dimana menjadi tantangan bagi guru dalam proses mengajar. Terutama pada siswa sekolah dasar, dimana peserta didik belum memiliki akses gadget dan teknologi secara penuh, sehingga perlu dibimbing dan didampingi oleh orang tua maupun kerabat. Karena itu proses pembelajaran menjadi lebih kompleks karena melibatkan banyak variabel baru agar proses pembelajaran dapat berjalan maksimal.

Dalam proses PPDB, Protokol kesehatan wajib dilakukan agar mencegah adanya cluster baru yang terkena covid-19. Protokol kesehatan yang dilakukan ketika PPDB berlangsung seperti mengecek suhu guru dan orang tua, memakaikan hand sanitizer, memakai masker, menjaga jarak, tidak bersentuhan dan tidak berkerumun berlama mana. 

Selama proses PPDB dilaksanakan, orang tua yang mendaftar mematuhi berbagai protokel kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah dan dilaksanakan oleh sekolah. Seperti menggunakan masker dalam segala aktifitas diluar, tidak berkerumun, menjadi kehigienisan tagan handtanitizer dan lainnya.

Jumlah peserta didik yang mendaftar langsung ke SMK Negeri 4 Banjarbaru tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 120 orang. Dan yang diterima ada 160 peserta didik, karena ada yang mendaftar sendiri dan pilihan kedua dari sekolah lain.

PPDB tahun ajaran 2021/2022 dilakukan agak sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Kondisi pandemi mengakibatkan berubahnya sistem PPDB yang dilakukan di SMK Negeri 4 Banjarbaru. 

Sebelumnya PPDB dilakukan serentak secara offline atau kebebasan antar guru, orang tua dan peserta didik. Peserta didik yang ingin mendaftar kesekolah dengan bebas dapat berinteraksi dengan peserta didik lainnya yang sebaya, bermain dan mengenal satu sama lain. Namun sejak pandemi berlangsung, PPDB dilakukan secara terbatas dan mencegah peserta didik untuk berinteraksi satu sama lain.

Dengan diberlakukannya PPDB Terbatas, guru dan pemerintah berharap pandemi dapat segera berakhir, sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan normal dan maksimal sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan disiplin.

Galery PPDB di SMKN 4 Banjarbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.